Header AD

Pesantren Tiban Turen, Malang, Jatim: Penuh Hiasan dan Arsitektur


Mendengar nama Pondok Pesantren  Salafiyah Bihaaru Bahrri ‘Asali Fadlaailir Rahmah, agaknya kurang familiar di telinga kita, tapi orang akan segera tahu jika kita menyebut masjid Tiban. Padahal sebenarnya lokasi yang kami kunjungi saat liburan Imlek kemarin  bukanlah masjid , tetapi  pondok pesantren yang sangat indah  dan megah bangunannya. Pesantren ini dihuni sekitar 150 santri laki-laki dan perempuan. Memang ada masjid dan tempat sholat berada dalam satu lokasi pondok pesantren seluas 4 ha tersebut.

Menurut salah satu santri yang enggan menyebutkan namanya dan kami panggil “Gus “, mengatakan bahwa tidak benar bahwa bangunan pondok pesantren ini tiba - tiba muncul begitu saja. Sudah bertahun - tahun mereka membangun secara bertahap dan dengan tenaga inti para santri sendiri. Bilamana ada donatur yang sukarela ingin membantu baik tenaga, keahlian dan dana maka itu adalah kesadaran mereka sendiri bukan karena diminta pihak pesantren. Pembangunan pondok pesantren ini tidak mendatangkan ahli arsitektur khusus namun murni hasil kerja keras para santri dan penduduk setempat.

Selanjutnya
Klik webnya di sini
Foto-fotonya di sini
Pesantren Tiban Turen, Malang, Jatim: Penuh Hiasan dan Arsitektur Pesantren Tiban Turen, Malang, Jatim: Penuh Hiasan dan Arsitektur Reviewed by marbun on 10:51 PM Rating: 5

Post AD