Header AD

Nasionalisme Bagian dari Iman

KBAA -- Ketua PBNU KH Said Aqil Siroj memberi sambutan dalam acara peluncuran buku 'Miqat Kebinekaan: Sebuah Renungan Meramu Pancasila, Nasionalisme, dan NU' sebagai titik perjuangan. Buku ini disebut hadir untuk menjawab kegelisahan atas lahirnya aliran-aliran yang jauh dari nilai-nilai kebinekaan Indonesia.

Acara ini digelar di kantor PBNU di Jalan Kramat Raya No. 164, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (9/6/2017). Said menyebut buku tersebut sebagai penjelasan dari keberagaman yang telah menjadi kodrat masyarakat Indonesia.

"Menarik buku ini dengan judul 'Miqat Kebinekaan', miqat itu entry point-lah. Jadi kita itu dilahirkan di Indonesia, begitu lahir sengaja didesain oleh Tuhan beragam," kata Said.

KH Said berpesan bangsa Indonesia harus merasa gembira dan mendapat penghargaan dari Tuhan karena lahir dengan kodrat beragam. Bangsa Indonesia telah disiapkan oleh Yang Mahakuasa untuk hidup dengan keberagaman.

"Oleh karena itu, sudah ditangkap oleh KH Hasyim Asy'ari dan langsung mengatakan bahwa hubbul wathon minal iman. Nasionalisme bagian dari iman," ujarnya.

Islam dan nasionalisme harus saling memperkuat dan tidak boleh dipertentangkan. Nasionalisme yang merupakan bagian dari keimanan Islam orang Indonesia, khususnya masyarakat NU, telah ada sejak zaman pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari. Saat itu ulama-ulama di negara Timur Tengah bahkan tidak berani mengatakan nasionalisme bagian dari iman keislaman.

"Jadi negara-negara Arab ulamanya masih menolak, karena nasionalis itu dari luar, asing bagi ulama-ulama Arab. Kita melalui KH Hasyim, menegaskan nasionalis itu bagian dari iman kepada Tuhan. Di Timur Tengah, tidak ada ulama mengatakan nasionalis bagian dari iman, nasionalis bukan dari agama," tuturnya.  (sumber)

Lihat: Yayasan Mahmun Syarif Marbun
Nasionalisme Bagian dari Iman Nasionalisme Bagian dari Iman Reviewed by Admin2 on 7:22 PM Rating: 5

Post AD