Header AD

Pembacaan Riwayat Babussalam

Kepolisian Resor (Polres) Langkat, Sumatera Utara, mengerahkan 200 personel untuk mengamankan HUL ke-88, Tuan Guru Babussalam Almarhum Syekh Abdul Wahab Rokan Al Qhalidy Naqsabandy di Babussalam Besilam, Kecamatan Padang Tualang.

“Pengamanan itu dikerahkan untuk mensukseskan HUL tersebut,” kata Kapolres Langkat AKBP Erick Bhismo di Stabat, Senin.

Satuan yang dikerahkan tersebut, menurut dia, berasal dari satlantas, reserse, intel, samapta, demi kenyamanan dan kesuksesan peringatan HUL Tuan Guru.

“Sudah kita tempatkan beberapa personel yang bertugas untuk acara tersebut, sejak tiga hari belakangan ini,” kata Erick Bhismo.

Dia mengatakan, pengamanan itu juga sesuai dengan perintah Kapolda Sumut agar HUL kali ini berjalan sukses, lancar dan tertib.

Apalagi, jelasnya, jamaah dan warga yang datang menghadiri kegiatan itu, berasal dari Sumut, Riau, Jakarta dan Malaysia.Ini tentunya akan menjadi perhatian, sehingga mereka merasa nyaman, selama melaksanakan kegiatan.

Sementara, salah seorang panitia HUL ke-88 Tuan Guru, Haji Zamroni mengatakan, cukup ramai masyarakat yang berdatangan ke perkampungan religius Babussalam.

Mereka ada yang berdatangan dari Langkat, Aceh, Labuhan Batu, Asahan, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal (Madina), Riau, Jakarta dan Malaysia, katanya.

Kedatangan mereka untuk menghadiri HUL ke-88, yang puncaknya akan dilaksanakan mulai 11-13 April 2012.

Dia mengatakan, saat ini warga yang berdatangan tersebut selain berkunjung untuk menjumpai tuan guru, juga ada yang melaksanakan kegiatan suluk, mau pun berdagang.

Suluk dilakukan di perkampungan religius ini mulai dari 10 hari, 20 hari, 40 hari, ada juga yang melaksanakan suluk 15 hari.

Mengenai persiapan HUL tersebut, kata Zamroni, seluruhnya sudah rampung, termasuk membangun 13 tempat pengadaan air buat mandi para jamaah.

Selain itu, panitia sudah menerima berbagai bantuan dari para dermawan untuk mensukseskan acara tersebut, seperti lembu, beras, dan lainnya.

“Panitia juga akan menyediakan makan bagi para pengunjung HUL, yang dimanfaatkan dari bantuan para dermawan,” ujarnya.

Zamroni mengatakan, puncak HUL tersebut, Jumat (13/4), direncanakan akan dihadiri para warga, jamaah tariqat, para undangan diperkirakan mencapai 10.000 orang.

Pada puncak HUL tersebut, akan dibacakan riwayat Tuan Guru pendiri Thariqat Naqsabandiyah, ratib saman dan pengangkatan mursyid
Pembacaan Riwayat Babussalam Pembacaan Riwayat Babussalam Reviewed by marbun on 4:05 PM Rating: 5

Post AD