Header AD

Program Pesantren Robotik


NFBS Robotic Programming

Pembelajaran elektronika di NFBS kini akan menjadi lebih menarik. Alhamdulillah, saat ini kami sudah memiliki sebuah Robot dari LEGO Mindstrom NXT. Siswa yang tertarik untuk mempelajarinya bergabung dengan Ekskul Elektronika. LEGO Mindstrom NXT merupakan sebuah hardware robot. Dimana kita dapat belajar desain struktur ketika menyusun balok-balok dalam LEGO, karena LEGO memberikan ruang kreatifitas yang cukup lebar bagi para pemakainya Selain itu.kita dapat pemrograman yang paling mudah sampai pemrograman yang cukup rumit. Pemrograman yang sangat mudah dapat kita temukan dengan menggunakan Software bawaan dari LEGO. Dengan software ini, siapapun bisa menggunakannya, sekalipun anak SD, karena ada tutorial per langkah, yang disertai gambar setiap kita mau memilih aksi yang akan dilakukan.
Misalkan kita mau mencoba Robot yang bisa berhenti untuk mendeteksi suara, maka kita akan dapat melihat simulasi robot yang jadi setelah kita program lewat panel bagian kanan, yaitu di bagian Challenge Brief. Di bagian ini, kita dapat melihat apa yang akan dilakukan oleh Robot, seandainya kita mau merakitnya. Misalkan mendeteksi suara, parkir, bergerak ketika ada suara, berputar ketika ada cahaya, dsb.
Sedangkan tutorial di bagian Programming Guide, kita dapat melihat cara memprogramnya langkah per langkah, tinggal kita mengklik bagian langkahnya (1/8), maka kita akan melihat apa yang perlu diambil dari blok sebelah kiri. Jadi, bagian kiri adalah bagian tempat kita merancang program, sedang bagian kanan adalah tutorialnya. Software ini memang sangat mudah, karena memang dirancang agar dapat digunakan oleh anak-anak, tanpa harus berpikir secara rumit. Namun, software ini juga dapat dikembangan sesuai keinginan kita sehingga dapat membentuk sebuah perilaku robot yang kita inginkan.
Alternatif kedua bagi kita yang ingin mengembangkan robotica adalah dengan mempelajari Microsoft Robotics Studio, yang memang dirancang untuk berbagai jenis robot. Software ini juga menyediakan simulasi yang dapat kita lihat seandainya kita merancang program tersebut. Kita dapat menggunakan VPL (Visual Programming Language) atau bahasa C, untuk memprogram robot kita.

foto-foto lainnya





Program Pesantren Robotik Program Pesantren Robotik Reviewed by marbun on 11:20 PM Rating: 5

Post AD