Header AD

HUT Babussalaam

08 Jun 07 08:22 WIB
Ribuan Jamaah Hadiri Hul Ke-83 Tuan Guru Babussalam

Langkat, WASPADA Online
Bila mengenang perjuangan Tuan Guru Babussalam pertama, Syekh Abdul Wahab Rokan mengembangkan Thariqat Naqsyabandiyah, maka teringatlah kita akan ajaran beliau yaitu ikhlas, zahid, wara, sabar, syukur, rela, tawaqal, cinta Allah dan cinta akan Rasul.

"Maka, apa yang diamalkan itu kiranya dapat ditransformasikan kepada masyarakat dengan semangat kekeluargaan, kemandirian dan damai," sebut Tuan Guru Babussalam, Syekh Hasyim Al Syarwani mengawali sambutannya pada acara puncak Hul ke-83 Tuan Guru Babussalam di Madrasah Besar Perkampungan Babussalam, Kec. Padangtualang, Langkat, Kamis (7/6).

Syekh Hasyim Al Syarwani mengatakan, peringatan ini juga sebagai temu silaturahmi di antara para zuriat, mursyid dan jamaah Thariqat dari seluruh pelosok tanah air, termasuk di antaranya dari negeri seberang Malaysia. Hal senada dikemukakan Bupati Langkat, H. Syamsul Arifin, SE. "Keberadaan Babussalam sebagai pusat pendiri Thariqat mempunyai arti penting dalam menghimpun, menggalang potensi dan kekuatan bangsa untuk kesatuan, persatuan dan perjuangan syiar Islam. Bahkan beberapa wasiat Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan dan ajarannya sangat perlu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Syamsul menyebutkan, beberapa wasiat Tuan Guru di antaranya, sayangilah anak-anak dan fakir miskin, serta hormat terhadap orang tua. Selain itu jangan berbuat dengki dan fitnah.

HUL Tuan Guru yang dilaksanakan setiap tahun, dimaksudkan memperingati hari wafat Allah Yarham Syekh Abdul Wahab Rokan. Peringatan diawali pelaksanaan suluk (berkhalwat) yang bervariasi antara 10, 20 dan 40 hari. Kegiatan ritual itu merupakan latihan rohani mendekatkan diri kepada Allah.

Dalam acara puncak juga dilaksanakan Haflah Qur'an, pembacaan shalawat nabi dan qasidah Haflah Qur'an dibawakan sejumlah qari nasional/internasional di antaranya, Yusmar Yusuf, Bambang Sulaksono, Syamsuddin Hasan, Sangkot Nasution, Khaidir Lubis, Sarwo Edi, Nukman Ridwan, Adenan Haris dan Jakfar Hasibuan.

Sebelumnya para jamaah thariqat melaksanakan ratib selama tiga malam di depan komplek maqam Tuan Guru Babussalam Syekh Abd Wahab Rokan. Sementara riwayat singkat Tuan Guru Babussalam Syekh Abdul Wahab Rokan Al Khalidy Naqsyabandi dibacakan Khalifah H. Ismail Royan dari Pekan Baru, Riau diakhiri dengan doa dipandu Khalifah Abdul Hakim AM.

Selain ribuan jamaah thariqat dari Sumut, NAD dan Riau, acara dihadiri sejumlah jamaah thariqat dari Kuala Kangsar, Perak Malaysia, sejumlah pejabat dan alim ulama tingkat Sumut, Konjen Kehormatan Turki, H. Rahmadsyah, Ketua DPD Golkar Sumut, H. Ali Umri, SH, MKn, pengurus DPD-PPTI Sumut di antaranya, Sutan Djalaluddin, Faisal Walad, Ramadhan, Abdullah Jamal dan Jabbar Nur serta unsur Muspida Langkat, anggota DPRD Langkat, Sumut dan Riau serta lainnya.
HUT Babussalaam HUT Babussalaam Reviewed by marbun on 11:05 AM Rating: 5

Post AD