Header AD

Selesai Ujian, Pendaftaran

Menjelang berakhirnya tahun ajaran 2006/2007 tentu sekolah-sekolah sudah mempersiapkan untuk menyambut tahun ajaran baru 2007/2008. Salah satu agenda yang paling awal adalah Penerimaan Murid Baru (PMB). Seperti di sekolah - sekolah yang lain, unit - unit pendidikan di Darul Ulum pun sudah menyiapkan untuk PMB tersebut. Ke 13 unit pendidikan yang ada di Darul Ulum sudah mempersiapkan untuk PMB 2007.

Seperti tahun tahun sebelumnya, penerimaan murid baru di Darul Ulum dilakukan secara terpusat di Kantor Sekretariat Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Para pendaftar dipersilahkan memilih unit pendidikan yang akan dimasukinya. Setiap unit pendidikan memasang grade minimum rata-rata UAN yang berbeda. Jadi para pendaftar dalam memilih sekolah juga harus disesuaikan dengan nilai UAN nya masing-masing serta sekolah yang dituju.

Dari ketigabelas unit yang ada di Darul Ulum, SMP N 3 Darul Ulum mematok grade paling tinggi, yaitu rata-rata minimum 7,50 disusul SMA DU 1 Unggulan BPPT dan SMA DU RSNBI dengan minimum rata-rata 6,50 (lebih detail silahkan lihat persyaratan). Disamping memasang grade, sekolah - sekolah tersebut juga melaksanakan tes masuk bagi pendaftar. Sehingga walupun grade sudah memenuhi tetapi hasil tesnya gagal, maka akan dikatakan gagal.

Sistem tes seleksi masuk dibagi menjadi 2, yaitu hari pertama berupa Psikotest sedangkan hari kedua berupa interview. Untuk sekolah - sekolah unggulan (SMA DU 1, SMA DU 2, MA Unggulan, SMK Telkom) tes dilakukan oleh BPPT dari Jakarta. Dalam tes pendaftar boleh memilih sekolah lebih dari satu. Misalkan siswa dengan rata-rata 6,50 boleh memilih pilihan pertama SMA DU 2 dan pilihan kedua SMA DU 1. Misalkan hasil tes memenuhi untuk masuk ke pilihan I (SMA DU 2) maka akan diterima di SMA DU 2, sedangkan kalau tidak memenuhi tetapi memenuhi untuk pilihan II (SMA DU 1) maka akan diterima di SMA DU 1. Kalau tidak memenehui keduanya maka boleh memilih unit yang lain.

Sedangkan untuk unit - unit yang tidak menyelenggarakan tes, seleksi masuknya hanya berdasar dari nilai UAN dan disesuaikan dengan jumlah pagu unit masin-masing. Walaupun nilai UAN masih memenuhi tetapi pagu nya sudah memenuhi maka dengan terpaksa diperbolehkan memilih unit yang lain.
Selesai Ujian, Pendaftaran Selesai Ujian, Pendaftaran Reviewed by marbun on 12:54 AM Rating: 5

Post AD