Header AD

Wooww..12.000 Santri Pecahkan Rekor Khatam Al-Quran


Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan (Sumsel) akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) untuk khataman Al-Quran dengan peserta terbanyak yakni 12.000 santri yang ada di daerah tersebut.
Acara pemecahan rekor ini akan berlangsung di Masjid Agung Musi Rawas Darussalam, Muara Beliti, Musi Rawas pada Minggu, 4 November 2012 nanti, yang dikemas dengan pertunjukan nasyid, tabliq akbar, dan hiburan bernuansa Islami dengan mendatangkan penyanyi ibu kota, Ridho Rhoma.
Rekor sebelumnya untuk kategori ini dipegang Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dengan melibatkan 5.000 orang santri dan pelajar.
Menurut Bupati Musi Rawas H Ridwan Mukti di Musi Rawas dalam rilisnya kepada Tribun mengungkap, hari ini Kamis (1/11/2012), kegiatan pemecahan rekor Muri itu sebagai bentuk komitmen kabupaten yang dipimpinnya mewujudkan Musi Rawas Darussalam, dengan tujuan pembangunan generasi muda yang berkarakter, dan digali dari kearifan dan sejarah lokal.
“Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda,” kata Ridwan.
Dikatakan, program sejenis, yang berakar dari kearifan lokal dan bernuansa agamis akan diprogramkan setiap tahun secara berkesinambungan, sejalan dengan perkembangan pembangunan fisik dan ekonomi di daerah Musi Rawas tujuh tahun terakhir.
Ketua ICMI Sumsel, yang juga mantan anggota DPR RI dua periode ini, sebelumnya sudah menargetkan hingga tahun 2014 nanti, 20 persen masyarakat di Musi Rawas khatam Al-Quran, 50 persen masyarakat ikut Majlis Taklim, dan 100 persen masyarakat bebas buta aksara Al-Quran.
Bupati Ridwan Mukti juga menerbitkan Peraturan Bupati Musi Rawas No 5 Tahun 2008 tentang Pemberantasan Buta Aksara Al-Quran, dan Instruksi Bupati kepada seluruh camat dan kepala desa se-Musi Rawas untuk membentuk kelompok pengajian dan majelis ta’lim di wilayahnya.
Bahkan demi mendukung tercapainya program ini, Ridwan Mukti mengucurkan anggaran puluhan miliar per tahun, antara lain untuk memberikan insentif Rp500 ribu kepada guru ngaji untuk setiap anak yang berhasil dikhatamkan, dan Rp100 ribu untuk sang anak.
Dengan insentif itu, jika seorang guru ngaji dapat menghatamkan 10 anak, maka insentif yang diterimanya adalah Rp5 juta. Program ini sendiri sudah berlangsung sejak tahun 2009.
Sementara itu Kabag Kesra, Pemkab Musi Rawas HM Zoher Hasan menjelaskan, kegiatan pemecahan rekor Muri nanti diikuti santri yang telah direkrut sebelumnya dari tingkat kecamatan atau 27 kecamatan yang ada di kabupaten ini, meliputi para santri angkatan pertama hingga ketiga sejak tahun 2009, 2010 dan 2011 plus tambahan dari tahun 2012.
Khataman bersama dalam rangka kegiatan pemecahan rekor Muri ini, sudah dimulai di tiap kecamatan sejak 1 Oktober, dan berlangsung hingga 31 Oktober, untuk selanjutnya anak-anak ini akan berkumpul di Masjid Agung Musi Rawas Darussalam pada 4 November 2012.
“Sesuai arahan Bapak Bupati, kegiatan ini menjadi bukti bagaimana Pemkab Musi Rawas sangat concern dengan pembangunan akhlak mulia. Nabi Muhammad SAW dulu yang pertama-tama dibina itu adalah akhlak, sehingga generasi muda kita tidak mudah terombang-ambing oleh zaman,” Zoher Hasan menambahkan.

Baca juga:

1. Cara baru hafal Quran
2. Cara praktis hafal Quran
3. Cara mudah hafal Quran
4. Adab menghafal Quran
5. Metode Menghafal Quran

Wooww..12.000 Santri Pecahkan Rekor Khatam Al-Quran Wooww..12.000 Santri Pecahkan Rekor Khatam Al-Quran Reviewed by marbun on 4:39 PM Rating: 5

Post AD