Header AD

Madrasah Aliyah Internasional

Departemen Agama RI akan membangun Madrasah Aliyah Internasional di Dumai. Pembangunan fisik madrasah tersebut akan dimulai tahun 2008 di atas lahan seluas 20 hektare.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Departemen agama Provinsi Riau Drs H Abdul Gafar Usman MSc kepada Dumai Kota Online, kemarin. Menurutnya, pembangunan madrasah bertaraf internasional ini merupakan jawaban atas banyak tantangan bagi pendidikan keagamaan.

‘’Bila selama ini pendidikan madrasah selalu dianggap pilihan nomor dua setelah sekolah umum negeri, maka sekarang kita juga menyediakan madrasah dengan taraf internasional dengan standar lulusan internasional pula,’’ kata Gafar. Menurut Gafar, pembangunan madrasah bertaraf internasional ini memang sangat mendesak.

Apalagi, untuk menciptakan generasi muda berkualitas dan mampu bersaing di gelanggang dunia, tidak cukup hanya dengan kurikulum dan sistem pendidikan biasa. ‘’Kalau ingin menciptakan generasi muda berkelas dunia, maka harus dididik di kelas dunia pula,’’ kata Gafar.





Mengapa dipilih Dumai? Gafar menjawab, secara geografis Dumai berada di posisi paling strategis. Dekat dengan negara tetangga dan jalur internasional, serta rencana peningkatan status Dumai sebagai Special Economic Zone (SEZ).

Status itu sangat berpengaruh dalam penciptaan tenaga berilmu dan berakhlak. Karena lingkungan dinamis dan dihuni multibangsa, akan mempermudah penciptaan lulusan berkelas dunia pula. Gafar juga menyebutkan, madrasah internasional ini diharapkan menjadi penyeimbang wilayah Dumai yang menjadi SEZ. ‘’Kalau kemajuan Dumai dengan status SEZ-nya tak diikuti pembangunan karakter berilmu, berakhlak, bisa jadi perkembangan Dumai tak akan terkontrol,’’ kata Gafar.

Disebutkan, sebenarnya Depag sudah membangun beberapa madrasah di Riau bertaraf nasional. Seperti Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru, Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Teknologi Riau, dan MTSn Kuok. Dengan peningkatan status ini dan pemantapan sistem yang dilakukan di pendidikan madrasah, saat ini sudah banyak prestasi diraih. Secara umum, madrasah di Riau sudah berada di peringkat ketiga di seluruh Indonesia.

‘’Kita juga melihat berbagai prestasi menggembirakan, baik di bidang keilmuan umum, terlebih ilmu agama. Siswa kita juga termasuk paling banyak diterima kuliah di Madrasah Internasional Insan Cendekia Jakarta, dan juga berbagai perguruan tinggi favorit yang ada di Indonesia. Insya Allah, paling lambat sepuluh tahun lagi kita akan melihat perubahan besar pada paradigma dunia pendidikan keagamaan,’’ kata Gafar.

Masing-masing Satu
Selain itu, Depag juga sudah mengeluarkan instruksi agar di setiap kabupaten dan kota di Indonesia, harus mempunyai salah satu sekolah agama unggulan dengan taraf minimal nasional dan statusnya dinegerikan. Boleh Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, atau Madrasah Ibtidiyah. Ini sangat penting dilakukan agar kualitas madrasah dan lulusannya bisa setaraf dan atau lebih baik dari sekolah umum lainnya. ‘’Kita sudah menjajaki beberapa kabupaten untuk menyediakan madrasah bertaraf nasional di kabupaten dan kota. Beberapa di antaranya sudah menyatakan kesediaannya. Seperti Indragiri Hulu yang dalam waktu dekat akan merealisasikannya. Kita juga sangat berterima kasih kepada pemerintah kabupaten dan kota yang sudah mendukung program ini. Rata-rata, bupati atau wali kota yang sudah kita paparkan program ini, mendukung semua,’’ kata Gafar

Madrasah Aliyah Internasional Madrasah Aliyah Internasional Reviewed by marbun on 11:02 PM Rating: 5

Post AD