Header AD

BI Bangun Perekonomian Daerah Melalui Pesantren

KBAA -- Bank Indonesia (BI) Program pengembangan kemandirian pondok pesantren. Hal ini merupakan dedikasi BIdalam kerangka pengembangan ekonomi daerah, untuk di Manado adalah Pesantren Assalam dan Darul Istiqomah.

"Untuk di Manado Pondok Pesantren Assalam dan Darul Istiqomah untuk pengembangan kemandiriannya," ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut Soekowardojo dalam MoU dengan kedua pesantren tersebut di Kantor BI Sulut, Selasa (21/11/2017).

Soekowardojo menambahkan pesantren dipandang memiliki peran strategis, yaitu mendukung program ketahanan pangan pemerintah dan pengembangan bisnis syariah karena umumnya usaha yang dikembangkan bergerak di sektor pertanian, perikanan, dan sektor lainnya.

"Pesantren memiliki potensi untuk pemberdayaan ekonomi di lingkungan pesantren maupun masyarakat sekitar.

Sebagian besar pesantren merupakan pusat ekonomi desa dan berperan dalam pengembangan riil aktivitas ekonomi.Alumni pesantren berpotensi untuk menjadi wirausaha," ungkapnya.

Sedangkan alumni pondok pesantren yang berjumlah ribuan bisa dibentuk menjadi wirausaha yang berbudi pekerti luhur, jujur, amanah.

Pada akhirnya, bertambahnya wirausaha ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan sektor riil, serta mendukung program ketahanan pangan dan pengendalian inflasi daerah. Dengan bertambahnya jumlah wirausaha, pertumbuhan ekonomi akan meningkat.

"Terciptanya wirausaha baru akan menambah lapangan kerja baru dan akan menyerap tenaga kerja, sehingga pengangguran akan berkurang. Apabila  pengangguran berkurang, kemiskinan akan berkurang dan pada akhirnya akan menciptakan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Apalagi data Kementerian Agama menyebutkan pada tahun 2005  jumlah pesantren mencapai 14.798 dengan jumlah santri 3.464.334. Pada 2012 jumlah pesantren meningkat tajam mencapai 27.230 dengan jumlah santri 3.759.198. Dan
data terakhir pada 2013 jumlah pesantren mencapai 29.535 dengan jumlah santri sebanyak 3.876.696.

"Pada akhirnya, kami berkeyakinan bahwa wirausaha yang berbasis ekonomi syariah akan mengantarkan Indonesia sebagai negeri makmur dan aman yang diberkahi oleh Tuhan," ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulut Abdul Wahab Abdul Gofur serta undangan lainnya. (sumber)

Lihat: Yayasan Mahmun Syarif Marbun
BI Bangun Perekonomian Daerah Melalui Pesantren BI Bangun Perekonomian Daerah Melalui Pesantren Reviewed by Admin2 on 9:24 PM Rating: 5

Post AD