Header AD

Pesantren Ini Kembangkan Gerakan Sains

KBAA -- Sekitar 35 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan guru, mengikuti Pelatihan Nasional “Gerakan untuk Membumikan Ayat-Ayat Semesta” yang diselenggarakan oleh Yayasan Trensains Indonesia, di Sragen, Jawa Tengah belum lama ini.

Selama 4 hari, peserta yang berasal dari beberapa daerah propinsi, seperti Jombang, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Bandung hingga Jakarta, mengikuti Training of Trainner (TOT) yang diisi langsung oleh Agus Purwanto, D.Sc., penggagas dan pendiri Sekolah Trensains (sekolah berbasis pesantren dan sains).

Agus Purwanto, mengawali pembukaan di hari pertama dengan mengungkapkan dilema kondisi Indonesia yang terkuras sia kekayaannya dan lemah sumber daya manusianya.

Menurutnya, cukup banyak orang-orang pintar alumni luar negeri, tapi tidak dapat memberikan sumbangsih. Adapula yang ketika selesai tidak ingin kembali ke tanah sendiri, tidak punya keinginan membangun negeri.

“Apa artinya kita sekolah, jika asing dan lupa terhadap kampung halamannya” tutur Agus Purwanto, sembari berpuitis melalui karya W.S Rendra.

Agus Purwanto, D.Sc., yang dikenal sebagai seorang ilmuan Indonesia, lulusan S-3 Fisika,Universitas Hiroshima Jepang ini, memiliki cita-cita besar dan mengabdikan dirinya untuk kemajuan Indonesia.

Melalui programnya, Trensains (Pesantren Sains), yang sampai saat ini sedang berkembang dan terbentuk pada lembaga pendidikan, yaitu SMA Trensains Tebuireng, Jombang dan SMA Trensains Darul Ihsan Muhammadiyah, Sragen, serta beberapa sekolah lain yang masuk dalam kerjasama program Trensains, dengan mengangkat tema besar, Trensains sebagai “Proyek Peradaban”. (sumber)

Pesantren Ini Kembangkan Gerakan Sains Pesantren Ini Kembangkan Gerakan Sains Reviewed by Admin2 on 10:37 PM Rating: 5

Post AD