Header AD

Mengapa Kaderisasi Itu Perlu di Pesantren?

KBAA -- Kaderisasi adalah sebuah proses pendididkan jangka panjang yang dilakukan untuk mengoptimalkan potensi-potensi kader atau penerus dengan cara mentransfer serta menanamkan nilai-nilai tertentu, yang diharapkan nantinya akan memunculkan kader-kader atau pejuang-pejuang tangguh. Masalah ini, sangat urgen demi kelangsungan sebuah organisasi apapun itu.

Menurut KH. Abdullah Syukri Zarkasy, M.A. salah satu Pimpinan Pondok Modern Gontor mengatakan bahwa kaderisasi merupakan gerbang kemajuan dan keeksistensian sebuah organisasi, begitu pula yang terjadi dengan sebuah pondok pesantren. Sehingga kaderisasi menjadi salah satu Panca Jangka Pondok Modern Gontor. Dan begitu juga yang pegang teguh oleh Pondo Pesantren Darunnajah Jakarta, dikutip dari darunnajah.com.

Kaderisasi yang mandeg menyebabkan pondok pesantren mati suri bahkan gulung tikar. Dengan begitu, seyogyanya para kyai atau steak holder mempersiapkan para kadernya dengan sebaik-baiknya. Namun, pengkaderan tidak bisa dilakukan secara instan, sehingga perlu dilakukan sedini mungkin dan berkelanjutan secara continue.

Seperti halnya yang dilakukan Pondok Pesantren Darunnajah, setiap tahun mengirim santri-santrinya keberbagai pesantren dan perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri. Dengan demikian, pondok ini akan mampu tampil survive walaupun waktu berlalu, dan pimpinan silih berganti selama bumi masih berputar.
Mengapa Kaderisasi Itu Perlu di Pesantren? Mengapa Kaderisasi Itu Perlu di Pesantren? Reviewed by Admin2 on 1:06 PM Rating: 5

Post AD