Header AD

Melihat Sejarah Budak Afrika Menjadi Raja-Raja di India

KBAA -- Media India, The India Express, baru-baru ini membuat liputan menarik mengenai peran budak-budak dari Afrika, khususnya Etiopia, menjadi raja-raja kecil di India.

Liputan ini kayaknya berhubungan dengan isu rasisme yang menerpa India dan Cina dimana banyak warga Afrika mendapat diskriminasi di berbagai tempat. Pada titik tertentu mengalami penganiayaan.

Pada era Mughal, budak-budak dari Afrika dimpor besar-besaran oleh kerajaan-kerajaan Islam yang memerintah saat itu untuk menjadi kesatuan elit dalam pemerintahan Raja-Raja Mughal.

Para budak ini, seperti halnya di Dinasti Mamluk, Mesir, menjadi tentara yang tangguh, dari sering menjadi pemimpin militer yang akhirnya dikaryakan menjadi pemimpin sipil di bidang administrasi.

Sejarah India yang penuh dengan kudeta antar kerajaan, memaksa para budak tersebut mandiri dan banyak yang mendirikan kerajaan-kerajaan kecil pasca konflik. Mereka diberi gelar Nawab dengan panggilan Siddi atau Habsyi.

Mereka ikut membangun peradaban Islam di India. Namun kini, kebanyakan keturunan mereka hidup dalam kemiskinan, walau ada juga yang masih bertahan menjadi kelas menengah atas.


Melihat Sejarah Budak Afrika Menjadi Raja-Raja di India Melihat Sejarah Budak Afrika Menjadi Raja-Raja di India Reviewed by marbun on 4:00 AM Rating: 5

Post AD