Header AD

Pesantren dan Teknologi

Sejumlah pondok pesantren makin menggiatkan penggunaan TI untuk mendukung proses belajar mengajar. Website pun telah digunakan sebagai media informasi. Sayang, jumlah komputer masih jauh tertinggal dibandingkan jumlah santri maupun santriwati. Belum lagi, kendala SDM dan dana.

Sudah satu pekan Akmal Fadri bingung. Pasalnya anak-nya yang baru lulus SMP ingin menimba ilmu di pondok pesantren. Padahal pria berusia 50 tahun ini "buta" soal pondok pesantren. Ia tidak tahu, anaknya hendak dirujuk ke mana mengingat informasi yang dimilikinya tentang keberadaan pesantren terbilang minim. Maklum saja, ayah lima anak ini tinggal di pelosok, yakni sebuah desa di Kabupaten Batu Sangkar, Sumatera Barat. Syukurnya, salah-satu kerabatnya yang tinggal di Surabaya mem-beritahu agar ia membuka situs www.gontor.co.id.

Tidak ingin membuang waktu, dengan mengendarai sepeda motor bututnya, pria yang sehari-seharinya ber-profesi sebagai guru SD itu meluncur ke salah-satu jasa pelayanan internet di kota Batu Sangkar. Dibantu pemilik warnet, ia menelusuri fitur-fitur di website Gontor. Merasa cukup mendapat informasi yang dicari, ia bergegas pulang. Beberapa minggu berselang, anaknya sudah tercatat sebagai salah-satu santri di Pondok Gontor, Jawa Timur.
Pesantren dan Teknologi Pesantren dan Teknologi Reviewed by marbun on 6:57 PM Rating: 5

Post AD