Header AD

Meng-Upgrade Pesantren dengan Pendirian Universitas

Bila kita lihat fenomena banyaknya pesantren yang gulung tikar belakangan ini, dapat dipastikan bahwa hal itu merupakan akibat dari statisnya sistem pendidikan di pesantren tersebut. Pesantrend engan pendidikan yang stagnan akan membuatnya cepat redup seiring dengan maraknya keinginan dari berbagai masyarakat untuk mendirikan pesantren sebagai usaha, kewajiban sosial maupun sebagai ladang untuk menuai pahala.

Banyak pesantren yang didirikan sekarang ini lebih dari sekedar trend yang tidak jelas kelanjutannya paska berakhirnya ternd tersebut dan berganti dengan tren yang baru.

Untuk itu, pemilik dan pengelolapesantren harus inovatif dan giat mencari cara agar masyarakat tidak kabur dari lembaga yang bakal mencetak generasi-generasi penerus bangsa ini.

Salah satu caranya adalah dengan diversifikasi sistem pendidikan. Selama ini, pesantren hanya dikenal sebagai sistem pendidikan SMP dan SMU. Tidak banyak yang menwarkan sistem yang lebih beragam.

Walaupun begitu, pesantren-pesantren yang melihat masa depan bisanya melakukan diversifikasi tersebut. Misalnya dengan mendirikan Sekolah Tinggi Agama, Keperawatan, Politeknik, dan bahkan Universitas.

Pesantren sekarang ini bukan saja dilihat sebagai tempat pertapaan, tapi juga tempat pembentukan professional yang mengerti dengan berbagai problema dan kesulitan ummat. Santri tamatan pesantren bukan saja didorong untuk "mengobati" religi ummat tapi juga bidang-bidang lain selain religi, seperti ekonomi, teknologi dan kesehatan.

Semuanya itu saling tumpang tindih sehingga membentuk religi yang kuat.





Meng-Upgrade Pesantren dengan Pendirian Universitas Meng-Upgrade Pesantren dengan Pendirian Universitas Reviewed by marbun on 10:24 PM Rating: 5

Post AD