Header AD

Manfaat Membuka Pendaftaran Sekolah/Pesantren dari Awal

KBAA -- Banyak lembaga pendidikan, sekolah maupun pesantren membuka pendaftaran siswa atau santri baru dari awal. Bahkan ada yang buka sejak bulan Januari-April.

Ternyata selain dari strategi pesantren untuk menjaring siswa yang lebih berkualitas, pendaftaran yang dibuka lebih awal itu juga memberi kepastian kepada orang tua murid mengenai masa depan anaknya.

Banyak orang tua yang khawatir dengan terburu-buru mengurus berbagai administrasi yang dapat menghambat anaknya untuk melanjutkan sekolah.

Kekhawatiran ini sebenarnya tidak perlu, akan tetapi orang tua lebih memilih untuk bersikap hati-hati mengingat mereka juga kemungkinan mempunyai urusan yang mendadak di hari H anaknya mendaftar.

Berikut ini ulasan sebuah berita mengenai topik ini:

Inilah Alasan Orangtua Daftar Sekolah Anaknya Lebih Awal

Meski tahun ajaran baru 2016-2017 belum dimulai, beberapa sekolah TK hingga SMA swasta telah membuka pendaftarannya sejak saat ini. Namun, dalam hal ini, orangtua murid pun sering kali menjadikan sekolah swasta alternatif lebih dulu, sebelum mendapatkan sekolah negeri.

Indah (30 tahun) asal Bogor saat ini telah mendaftarkan anaknya yang akan masuk sekolah dasar ke salah satu sekolah swasta di Bogor yang telah membuka pendaftaran sejak September. Hal ini dilakukannya sebagai antisipasi jika sang anak tidak masuk ke SD negeri.

Dia mengaku tidak keberatan harus membayar lebih dulu uang muka di sekolah tersebut. Beberapa sekolah, menurut Indah, menerapkan angsuran dalam pembayaran uang masuk. Jika nanti anaknya masuk sekolah negeri, dia hanya kehilangan angsuran pertama atau kedua.

"Yang penting sudah ada kepastian anak saya masuk di SD swasta dulu. Soalnya SD negeri baru membuka pendaftaran nanti dan penerimaan jumlah muridnya biasanya lebih sedikit," ujar Indah kepada RadarPena.com, Kamis (3/12), dikutip dari RadarPena.com.

Begitu pula dengan Anggun (28 tahun), warga Depok, yang sudah mendaftarkan anaknya untuk masuk TK swasta. Menurut dia, saat ini penting mencari TK yang membuka pendaftaran lebih awal, karena biasanya hanya menerima sedikit murid.

"Sejak September beberapa TK sudah membuka pendaftaran murid baru, tetapi ada pula yang baru mulai November,” ungkap Anggun.

Baca: Belum Terlambat, Yuk Daftar di Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Medan.
Baca Juga:  Pendaftaran Santri Baru Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Medan.
Manfaat Membuka Pendaftaran Sekolah/Pesantren dari Awal Manfaat Membuka Pendaftaran Sekolah/Pesantren dari Awal Reviewed by Admin2 on 7:30 AM Rating: 5

Post AD